Selamat Datang di Situs PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Jepara. Sekretariat Jln. AR. Hakim No. 61 Jepara, e-mail: korkabjepara@gmail.com

25 Mei 2009

Antisipasi Flu Babi, Bupati Jepara Keluarkan Surat Edaran

Guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus flu, Bupati Jepara Drs Hendro Martojo MM menerbitkan Surat Edaran yang berisi tentang kewaspadaan serta pencegahan terhadap penyebaran virus flu babi dan Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (PTKM). Surat edaran ini ditujukan kepada dinas/insatansi terkait untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Demikian dikatakan Kabag Humas, Hadi Priyanto.

“Kewaspadaan tersebut perlu terus ditingkatkan melihat virus flu babi yang disebabkan oleh virus Schwein Influenza A-H1N1 dan penyakit Tangan, Kaki dan Mulut atau yang juga dikenal sebagai Flu Singapura, di beberapa negara terus meningkat bahkan berkembang dan menjangkiti negara-negara di Asia” ujar Hadi Priyanto di ruang kerjanya, Sabtu (23/05).


Virus tersebut cukup membahayakan karena sifatnya yang mudah sekali menyebar dan menular ke manusia. Meskipun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda tapi keduanya jika sudah berkembang sulit sekali untuk dikendalikan.”Baik itu virus flu babi maupun flu Singapura sama-sama sulit dikendalikan. Jika terjangkiti suspect flu babi penderita harus mendapatkan perawatan khusus di ruang isolasi” terangnya.


Untuk itu SE dengan nomor 433/2850 tersebut memuat upaya-upaya pencegahan serta langkah-langkah yang harus dilakukan termasuk menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat, pengendalian lalu lintas ternak, serta menjauhkan hewan ternak seperti unggas, babi, dan itik dari pemukiman penduduk.


Upaya preventif nampaknya lebih bijaksana daripada kuratif. Untuk itu masyarakat diminta lebih responsif jika menemukan ternak mati secara mendadak. “Bila terjadi kasus peningkatan seperti demam, batuk dan depresi secepatnya melapor ke instansi kesehatan atau Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK)” pinta Hadi. (sumber: www.jeparakab.go.id)

Comments :

0 komentar to “Antisipasi Flu Babi, Bupati Jepara Keluarkan Surat Edaran”

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda

 

Copyright © 2009 by pnpm mandiri perkotaan jepara